Assalamu’alaikum, aku NSA welcome to our blog Adaptive Network Laboratory..

Di post pertama ini, aku bakal sedikit memberikan informasi kepada teman-teman semua tentang salah satu Operating System yang namanya mungkin tidak asing bagi para anak teknik. Namun, mungkin sangat asing bagi orang awam yaitu Red Hat Enterprise Linux (RHEL). Sebelumnya aku akan menjelaskan sekilas tentang Red Hatnya itu sendiri, dilansir dari redhat.com Red Hat merupakan sebuah perusahaan produk software dengan model pengembangan sumber terbuka (Open Source Development model). Di bentuk pada tahun 1993 di Amerika Serikat oleh Bob Young dengan pendapatan 3.4 Miliar USD pada tahun 2018. Salah satu produknya yang terkenal adalah Red Hat Enterprise Linux (RHEL).

RHEL sendiri merupakan distribusi sistem operasi linux dengan free open source code (meskipun tidak sepenuhnya gratis) yang dikembangkan untuk pasar bisnis, RHEL mendukung kamu dapat mewujudkan pemanfaatan dari aplikasi yang ada, meluncurkan teknologi baru di dunia cloud (physics, virtual, container, data management dan sebagainya). Lanjut pembahasan dengan RHEL kita dapat melakukan apa saja sih? Tentunya banyak sekali yaitu konfigurasi jaringan, repositori, VIM, sudo, NTP server, SSH server, DNS & DHCP Server, Storage server, Directory server, Web Server, Database server, FTP Server, Mail Server, Proxy server (monitoring, samba, konfigurasi proxy client, dan lain lain). Lalu bagaimana kelebihan dan kekurangan dari Red Hatnya sendiri yang bisa menjadi pertimbangan sebelum kalian menggunakan system operasi tersebut.

Kelebihan Red Hat:

1. Proses mendaftar dan instalasi yang mudah

Dalam proses penginstallan Red Hat tidak membuat peminatnya yang baru putus asa untuk install aplikasinya karena untuk mendaftar kalian hanya melakukan register dan mengisi data-data yang diminta saja, dan untuk installasi ditampilkan dengan GUI yang mudah dipahamu.

2. Product Lifecycle

RHEL ini punya siklus produk yang panjang loh yaitu 10 tahun, dimana kelebihan ini dapat memberikan stabilitas, kompabilitas, support dan fleksibilitas untuk sebuah perencanaan teknologi.

3. Memiliki Banyak Versi

Sampai saat ini RHEL sudah update versi 8 yang launching pada bulan April 2020 kemarin dimana RHEL 8 terdapat banyak peningkatan pada fitur-fiturnya. Yang unik adalah jika sudah memiliki lisensi RHEL versi terdahulu kita tidak memerlukan biaya tambahan untuk update versi terbaru dari Red Hat.

4. Akses kebeberapa product Red Hat (Red Hat Software Collections [RHSCL], Red Hat Developer Toolset [RDT], RHEL Documentation, RHEL customer Portal Labs)

5. Keamanan pada sistem operasi baik.

6. KVM Kernel-Virtual-machine yang menyediakan support untuk membuat, menjalankan dan mengelola virtual machine.

Dan banyak lagi kelebihan lain yang bisa kalian lihat pada website resmi dari Red Hat.

Kekurangan Red Hat:

1. Hanya tersedia 30 hari free trial untuk RHEL server (artinya ada biaya yang harus dikeluarkan untuk beberapa fitur atau setelah masa 30 days evaluation habis).

Berdasarkan website resmi dari Red Hat biaya RHEL server saat ini yaitu sekitar $349 sedangkan untuk kategorinya biaya untuk Red Hat dimulai dari $99 sampai dengan $5000 dimana itu bukanlah biaya yang terjangkau.

2. Tidak banyak diketahui oleh banyak orang (target pasar terkesan terbatas).

3. KVM dalam jumlah terbatas.

Kesimpulannya, dalam penggunaan RHEL sebenarnya worth it untuk kalian yang ingin coba karena banyak fitur yang diberikan meskipun harus membayar hingga ratusan bahkan ribuan dollar sehingga perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya. Namun, kembali lagi tujuan penggunaannya, karena memang Red Hat bertujuan untuk pasar bisnis (corporate) jadi wajar harganya menyesuaikan targetnya namun buat kalian ingin belajar dan explore sebagai personal account tetap bisa mendapatkan 30 days evaluations juga kok! Itu dia sedikit pengenalan dengan Red Hat Enterprise Linux (RHEL), semoga bermanfaat.

Sumber:
Redhat.com
Wikipedia.com
Searchdatacenter.com
Last modified: October 18, 2020

Author

Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.