Hai smart readers!

Baru ingin memulai belajar mengenai jaringan? atau mau kembali mengingat-ingat materi dasar dari jaringan? nah, kebetulan nih kita bakal berbagi informasi mengenai materi yang paling dasar dari jaringan yaitu “Cara Menghitung Subnetting Kelas C”.

Subnetting merupakan materi yang banyak keluar di ujian CCNA dengan banyak varian soal. Nah, fungsi subnetting dapat di analogikan seperti pembagian nomor-nomor pada rumah warga agar memudahkan penggantar paket dalam mengirim barang. Gimana udah kebayangkan???

Sebelum lanjut, kalian perlu ingat nih ada beberapa macam kelas subnetting dan yang paling sering digunakan yaitu:

  1. Kelas A (oktet pertamanya mulai dari 0 sampai 127)
  2. Kelas B (oktet pertamanya mulai dari 128 sampai 191)
  3. Kelas C (oktet pertamanya mulai dari 192 sampai 223)
1.1 Tampilan Posisi Oktet Pertama Kelas C

O iya, jangan lupa juga bahwa perhitungan subnetting sendiri terdiri dari menghitung network address, broadcast, range, dan subnettmask. Oke kita langsung olah TKP hehehe…

1. Cara Menghitung Network Address

Langsung aja ya…

Sebagai contoh kita memiliki ip address 192.168.99.115/29 dan diminta menentukan network addressnya. Langkah-langkah menentukan network addressnya:

  • Kurangkan 32 dengan CIDR nya. Pada contoh, CIDR-nya adalah 29 maka,
  • Jadikan hasil pengurangan pada point pertama sebagai pangkat dari 2
  • Bentuk baris kelipatan dari hasil perpangkatan pada point 2 hingga nilai oktet ke-4 (pada contoh adalah angka 115) berada diantara 2 angka.
  • Jadikan angka hasil kelipatan yang berada di depan oktet ke-4 seperti pada point sebelumnya menjadi oktet ke-4 yang baru. Pada contoh nilainya adalah 112 seperti pada tampilan di penjelasan point 3.

2. Cara Menghitung Broadcast

Untuk memudahkan perhitungan Broadcast sebelumnya kita harus menentukan Network Address nya ya…. karena kita akan menggunkan hasil perhitungan di point ke-3 dari perhitungan Network Addressnya tadi. Kuy gass!!!

This image has an empty alt attribute; its file name is image-20.png

Nah, kalo Network Address kita menggunakan angka di depan oktet ke-4 pada soal, namun jika di broadcast kita menggunakan angka yang dibelakangnya dan kemudian dikurang 1 … hayoo berapa??? yups benar

Selanjutnya langsung!!!!

3. Cara Menghitung Range

Selanjutnya setelah menentukan Network Address dan Broadcast kita bisa langsung menentukan Range nya. Gimana caranya???

Oktet ke-4 dari Network Address + 1 dan Oktet ke-4 dari broadcast -1

4. Cara Menghitung Subnettmask

Hmmm… Sebelumnya kita mau kasih tau nih nilai CIDR terkecil dari kelas C adalah /24 dan nilai CIDR terbesarnya adalah /30. Untuk subnettmask kita bisa mengunakan angka 1 dan 0. gimana nih maksudnya? kuy kita eksekusi.

Sebagai contoh kita memiliki nilai CIDR /24 dan diminta untuk menentukan subnettmasknya. Caranya tulis angka 1 sebanyak 24 kali yang dibagi sebanyak 4 titik. Dengan 8 angka 1 dalam setiap titiknya seperti ini.

Setiap 8 angka 1 bernilai 255 yang didapat dari konversi bilangan binner menjadi bilangan desimal.

Setelah tau angka 11111111 bernilai 255 maka langsung saja nilai subnettmask dari CIDR /24 adalah

Nih contoh lain lainnya misal CIDR kita /25 maka subnettmasknya

Sekian materi “Cara Mudah Menghitung Subnetting Kelas C”. Hayoooo gimana udah paham? atau masih bingung? bisa nih hubungi kita di https://adaptivenetworklab.org/ dan jangan khawatir kalo masih penasaran dengan subnetting kelas lainnya, karena kita juga akan coba memberikan penjelasannya di blog selanjutnya ya…..

Terimakasih 🙂

Hatiku tenang karena mengetahui bahwa apa yang melewatkanku tidak akan pernah menjadi takdirku, dan apa yang ditakdirkan untukku tidak akan pernah melewatkanku

– Umar bin Khattab
Last modified: October 1, 2020

Author

Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.