Pengenalan ONOS

Open Network Operating System (ONOS) merupakan open source SDN controller yang memberikan skalabilitas, kinerja tinggi, ketersediaan yang tinggi dan lebih banyak fitur yang membuatnya menjadi pilihan sempurna untuk membangun solusi SDN/NFV generasi mendatang. ONOS mendukung konfigurasi dan kontrol jaringan secara real-time, sehingga tidak perlu menjalankan protokol kontrol perutean dan pengalihan di dalam struktur jaringan. ONOS dapat dengan mudah membuat aplikasi jaringan baru tanpa perlu mengubah sistem dataplane. Platform ONOS meliputi:

  1. Platform dan sekumpulan aplikasi yang bertindak sebagai SDN controller terdistribusi, modular software, dan dapat diperluas.
  2. Manajemen, konfigurasi, dan penerapan perangkat lunak, perangkat keras & layanan baru yang disederhanakan.
  3. Arsitektur skala untuk memberikan ketahanan dan skalabilitas yang diperlukan untuk memenuhi kerasnya lingkungan pembawa produksi.
Gambar Arsitektur ONOS

ONOS mendefinisikan beberapa layanan utama:

  1.  Device SubsystemMengelola inventaris perangkat infrastruktur.
  2.  Link Subsystem– Mengelola inventaris link infrastruktur.
  3. Host subsystem – Mengelola inventaris host end-station dan lokasinya di jaringan.
  4. Topology subsystem – Mengelola cuplikan urutan waktu dari tampilan grafik jaringan.
  5. PathService – Menghitung / menemukan jalur antara perangkat infrastruktur atau antara host end station menggunakan cuplikan grafik topologi terbaru.
  6. FlowRule Subsystem – Mengelola kecocokan / tindakan inventaris flow rule yang diinstal pada perangkat infrastruktur dan menyediakan flow metrics.
  7. Packet Subsystem – Memungkinkan aplikasi untuk mendengarkan paket data yang diterima dari perangkat jaringan dan memancarkan paket data ke jaringan melalui satu atau lebih perangkat jaringan.

Fitur ONOS:

  1. High avability & Resiliency

Penyedia Layanan membutuhkan ketersediaan tinggi sehingga pelanggan tidak mengalami downtime jaringan. Sejak awal ONOS dirancang untuk mendukung jaringan operator yang paling menuntut dan memiliki banyak mekanisme untuk memastikan jaringan dan koneksinya dapat diandalkan.

  1. Performance at scale

ONOS telah dirancang dan dibangun untuk memberikan skala performansi tertinggi untuk operasi jaringan berskala. ONOS mendukung jutaan permintaan di Northbound Interface, dengan tetap mempertahankan kurang dari 50 msec waktu respons. Dan skala ONOS menyesuaikan kebutuhan dengan menambahkan contoh baru saat lebih banyak kapasitas control plane yang dibutuhkan.

  1. Modular Software

Modular Software ini memiliki banyak manfaat penting yaitu software yang lebih mudah dibaca, mudah diuji, dan mudah dipelihara. ONOS hadir dengan lebih dari 135 platform ekstensi, yang meliputi aplikasi pengarah traffic, aplikasi jaringan overlay, penyedia southbound, model YANG telah dikompilasi sebelumnya (termasuk OpenConfig, Open ROADM), perangkat drivers dan berbagai utilitas. Daftar ekstensi yang tersedia ini terus bertambah dengan setiap merilis platform.

  1. Northbound Abstractions

Kemudahan Pemrograman Jaringan untuk Otomasi & Kontrol.

ONOS menyediakan abstraksi arah utara inovatif yang menyederhanakan pembuatan, penerapan, pengoperasian konfigurasi, dan aplikasi manajemen dan kontrol. Tampilan jaringan global dan intent framework merupakan dua contoh. Aplikasi dapat dengan mudah ditambahkan untuk menjalankan “on-box” menggunakan antarmuka asli, atau “off-box” menggunakan antarmuka REST dan/ atau gRPC.

  1. Abstraksi Southbound

Adaptasi Mudah ke Perangkat Lama atau Baru (Arsitektur Plug-in).

ONOS mengabstraksi atau meringkas karakteristik perangkat sehingga sistem operasi inti tidak harus mengetahui protokol tertentu yang digunakan untuk mengontrol atau mengkonfigurasi suatu perangkat. ONOS memiliki perkembangan yang luas dan mengembangkan daftar Southbound support termasuk P4, OpenFlow, NETCONF, TL1, SNMP, CLI, BGP, RESTCONF, dan lainnya.

  1. Kerangka GUI & UI Basis

GUI ONOS memberikan tampilan jaringan multi-layer dan memungkinkan eksplorasi pengguna elemen jaringan, konektivitas, status jaringan, kesalahan jaringan, dan lainnya.

  1. YANG Tool-Chain

Tool-Chain YANG ONOS menyediakan kompiler yang mampu menguraikan file sumber YANG dan menghasilkan Java artifacts, yang dapat digunakan untuk menulis aplikasi terhadap abstraksi yang didefinisikan oleh YANG model. Ini juga menyediakan runtime yang mampu melakukan encoding dan decoding antara model internal tersebut dan merepresentasi JSON atau XML eksternal. Secara bersamaan, kompilator dan runtime dapat digunakan oleh Aplikasi ONOS untuk berinteraksi dengan berbagai elemen jaringan pendukung interaksi konfigurasi yang dimodelkan melalui YANG. Tool-Chain juga mendukung kompilasi model YANG, sehingga memungkinkan platform untuk memperluas kemampuan konfigurasinya secara dinamis.

Installasi ONOS

  • Update Ubuntu
apt update
  • Add user ONOS
adduser sdn --system –group
  • Install Java
apt install git zip curl unzip python-minimal openjdk-8-jdk –y
  • Membuat direktori untuk download dan install ONOS
mkdir –p /opt && cd /opt
  • Download dan ekstrak onos. Menggunakan ONOS versi 2.0.0 karena cocok jika menggunakan ubuntu 16.04
cd /opt/

sudo wget http://repo1.maven.org/maven2/org/onosproject/onos-releases/2.0.0/onos-2.0.0.tar.gz

sudo tar xzf onos-2.0.0.tar.gz

sudo mv onos-2.0.0 onos

sudo chown -R sdn:sdn onos
  • Setting startup options
sudo -u sdn nano /opt/onos/options




# running onos with user sdn

export ONOS_USER=sdn




# default active drivers and openflow

export ONOS_APPS=drivers,openflow,gui2
  • Install ONOS service
sudo cp /opt/onos/init/onos.initd /etc/init.d/onos

sudo cp /opt/onos/init/onos.service /etc/systemd/system/

sudo systemctl daemon-reload

sudo systemctl enable onos
  • Jalankan ONOS service
sudo systemctl start onos

sudo systemctl status onos
Gambar ONOS telah berjalan

Semoga bermanfaat, Terima Kasih.

Referensi:

Last modified: December 18, 2020

Author

Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.