Assalamualaikum..

Pada artikel ini Saya akan membahas bagaimana cara crimping kabel UTP dengan menggunakan konektor RJ-45. Sebelum mulai melakukan crimping kabel, ada beberapa peralatan yang harus dipersiapkan.

PERALATAN CRIMPING KABEL

  1. Tang Crimping
Tang Crimping

Tang Crimping memiliki fungsi utama untuk menggabungkan kabel UTP dengan konektor RJ-45, namun tang crimping memiliki bagian khusus untuk digunakan yakni kepada (Head) dan Badan (Body). Kedua bagian tersebut memiliki kinerja atau kegunaan tersendiri yaitu:

    • Head Tang Crimping

Head Tang Crimping digunakan untuk menggabungkan kepada konektor RJ45 dengan kabel UTP, tang ini akan menekan kuningan penghantar aliran internet pada kabel sehingga kuningan akan otomatis menggigit serabut kabel UTP yang sudah disusun sesuai warna instalasi.

    • Body Tang Crimping

Body Tang Crimping berfungsi untuk memotong benda panjang dan padat menjadi ukuran tertentu. Bagian tengah tang difungsikan untuk memotong karena data himpit benda yang di cengkram sangatlah kuat, sehingga dapat memotong benda keras seperti kabel UTP.

   2. Kabel UTP

Kabel UTP

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) atau yang biasa disebut kabel jaringan/LAN berfungsi untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lainnya. Di dalam sebuah kabel UTP, terdapat 8 kabel berbeda warna. Sebagai media penghantar informasi antar komputer, kabel-kabel kecil inilah yang berperan penting terhadap adanya tukar-menukar informasi/data. Fungsi dari masing-masing warna kabel:

    • Orange: Media penghantar paket data
    • Putih-Orange: Media penghantar paket data
    • Hijau: Media penghantar paket data
    • Putih-Hijau: Media penghantar paket data
    • Biru: Media penghantar paket suara
    • Putih-Biru: Media penghantar paket suara
    • Coklat: Media penghantar tegangan DC
    • Putih-Coklat: Media penghantar tegangan DC

Dari cara instalasinya menjadi kabel jaringan dan transmisi data, kabel UTP dibedakan menjadi 2 jenis. Keduanya memiliki urutan pemasangan warna kabel yang berbeda, agar tidak salah urutan berikut Saya jelaskan mengenai susunan warna kabel straight dan cross dalam jaringan.

      1. Kabel Straight

Kabel straight merupakan jenis kabel yang memiliki cara pemasangan yang sama antara ujung satu dengan ujung lainnya. Fungsi kabel straight ini biasanya digunakan untuk pemasangan device yang berbeda. Kabel tipe straight ini paling banyak digunakan sampai saat ini karena fungsinya. Jika diartikan straight berarti lurus.

Susunan warna kabel straight

b. Kabel Cross

Kabel cross merupakan kabel dengan susunan warna yang berbeda setiap ujungnya. Fungsi kabel cross ini digunakan untuk menghubungkan device yang sama. Ini merupakan kebalikan dari kabel straight. Kabel cross ini lebih sedikit penggunaannya jika dibandingkan dengan straight, tetapi Anda perlu tahu juga untuk urutan warna kabel cross.

Susunan warna kabel Cross

   3. Konektor RJ-45

Konektor RJ-45

Konektor RJ-45 adalah konektor kabel ethernet yang memiliki fungsi sebagai konektor pada topologi jaringan komputer LAN (Local Area Network) dan topologi jaringan lainnya. RJ itu sendiri adalah singkatan dari Registered Jack yang merupakan standard peralatan pada jaringan yang mengatur tentang pemasangan kepala konektor dan urutan kabel, yang digunakan untuk menghubungkan 2 atau lebih peralatan telekomunikasi (Telephone Jack) ataupun peralatan jaringan (Computer Networking)

   4. LAN Tester

LAN Tester

Fungsi LAN Tester adalah sebagai berikut:

    • Memeriksa Kerusakan Kabel Jaringan

Dengan menggunakan LAN Tester, dapat dengan mudah memeriksa kualitas kabel jaringan. Tinggal menghubungkan Kabel UTP atau jaringan pada socket LAN Tester maka kerusakan kabel dapat terdeteksi dengan cepat.

    • Memeriksa Pemasangan Susunan Kabel Straight atau Cross

Untuk mengetahui apakah kabel jaringan yang sudah dibuat dengan susunan straight atau cross sudah benar atau tidak. Kita dapat menggunakan LAN Tester. Lampu yang menyala pada LAN Tester menandakan benar atau tidaknya kabel jaringan yang sudah di buat. Tandanya adalah bila kabel yang disusun bertipe straight maka lampu indikator akan berjalan searah, namun apabila tipe kabel yang dibuat adalah bertipe cross maka lampu indikator akan berjalan silang (tidak searah).

 

CARA CRIMPING KABEL MENGGUNAKAN KONEKTOR RJ-45

  1. Siapkan peralatan crimping

    2. Potong isolator kabel UTP

Lakukan pemotongan pada isolator kabel UTP bagian luar, potong kira-kira 3-4 cm. Kemudian pisahkan antara satu kabel dengan kabel lainnya sekalian diluruskan. Jika sudah urutkan sesuai dengan keperluan apakah akan membuat kabel straight atau cross, lalu silahkan potong secara lurus semua kabel tersebut agar nantinya saat pemasangan pada konektor RJ-45 tidak ada masalah.

    3. Pasang kabel UTP ke RJ-45

Kabel UTP yang sudah di potong dan di urutkan masukkan ujung kabel tersebut ke konektor RJ-45. Pastikan pemasangannya jangan sampai terbalik, cara mengenalinya untuk kunci konektor RJ45 berada di bawah kemudian masukan dan pastikan semuanya sudah lurus. Lakukan tahapan diatas pada kedua ujung kabel jangan sampai beda pelaksanaannya. Jangan lupa dorong kabel utp kedalam RJ-45 dengan benar sampai ujung kabel mentok di ujung RJ-45 dan juga pastikan pelindung kabel UTP tepat dibawah penjepit RJ-45.

    4. Kunci RJ45

Persiapkan tang crimping untuk menjepit dan mendorong pin pada ujung RJ-45, pastikan pin RJ-45 menusuk kabel UTP dengan benar hingga terdengar suara klik pada konektor RJ-45

    5. Pengetesan kabel LAN dengan menggunakan LAN Tester

Langkah terakhir adalah melakukan pengetesan dengan menggunakan LAN tester apakah sudah benar atau belum. Cara mengetahui tester kabel benar atau tidak begini caranya :

    • Jika lampu indikator pada urutan 1 s/d 8 menyala berurutan dari 1 s/d 8 pada kedua sisi, dapat dipastikan kabel LAN berfungsi dengan baik.
    • Jika Lampu indikator pada urutan 1 s/d 8 ada yang tidak menyala pada kedua sisi, berarti kabel lan tersebut salah pasang atau salah urutan warna kabel atau juga kabel tidak tercrimping dengan baik dan benar.

 

Ulangi langkah-langkah diatas jika memang kabel LAN tidak berfungsi dengan baik.

Demikian cara crimping kabel UTP menggunakan konektor RJ-45.

Semoga Bermanfaat.

Wassalamualaikum………….

 

Sumber:


1.      https://jokam-informatika.com/blog/pengertian-fungsi-dan-cara-menggunakan-tang-crimping-lengkap/
2.      https://www.septian.web.id/pengertian-fungsi-jenis-dan-cara-membuat-kabel-utp-materi-lengkap-html/
3.      https://www.berguruit.com/2017/09/cara-crimping-kabel-lan-rj45-yang-baik.html
4.      https://qwords.com/blog/susunan-kabel-straight-dan-kabel-cross/
Last modified: February 24, 2021

Author

Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.