Haiii semuaa kenalin aku iqbal. Yuk menambah ilmu bersama dengan aku. Jadi disini aku akan mencoba melakukan instalasi dan konfigurasi Webmin.

Webmin adalah antarmuka berbasis web untuk administrasi sistem untuk Unix. Menggunakan browser web yang modern, Anda dapat mengatur account pengguna, setup Apache, DNS, file sharing, dan banyak lagi. Webmin menghilangkan kebutuhan untuk secara manual mengedit file konfigurasi Unix seperti / etc / password, dan memungkinkan anda untuk mengelola sistem dari konsol jarak jauh.jadi selain mengunakan remote access secara cli yaitu telnet dan ssh ternyata juga dapat dipantau melalui web dan digunakan dan diatur admin melalui web browser.

Instalasi & Konfigurasi Webmin

  1. Yang pertama harus dilakukan adalah membuat IP terlebih dahulu.
  1. Lalu menginstall ftp server yang berfungsi untuk file server dalam mengirim file webminnya. Disini tanda # harus dihilangkan yaa.
  1. Setelah melakukan upload file webmin ke server, lalu buka server dan masuk ke direktori webmin yang tadi diupload. Setelah itu chmod +x setup.sh nya.
  1. Lalu membuka browser di pc dengan mengetikkan ip yang telah diisi di server tadi dan login dengan username dan tidak perlu mengisi password atau passwordnya adalah kosong. lalu enter.
Jika proses instalasi dan konfigurasi semua berhasil, maka tampilan nya akan seperti pada gambar diatas. Maka proses instalasi telah berhasil dan selesai.

Sekian dari artikel saya. Mohon maaf apabila masih ada kesalahan. Terima kasih……….

Last modified: October 18, 2021

Author

Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.