Halo, kali ini saya akan membahas mengenai remote server dengan openssh. sebelum masuk instalasi dan konfigurasi, apa sih remote server itu. Berdasarkan Cambridge dictionary remote memiliki banyak definisi yang salah satunya adalah “used to refer to an activity that is done away from the place where it usually happens, especially by means of technology”. Artinya kurang lebih remote mengacu pada sebuah aktifitas yang dilakukan jarak jauh dari tempat biasanya dilakukan.

Jadi dengan remote server ini, kita bisa mengendalikan server kita tanpa harus mendatangi server secara fisik. Kita bisa mengakses server kita selama server terhubung ke dalam jaringan yang bisa diakses oleh remote client. Protokol yang memungkinkan remote dapat terjadi ada beberapa salah satunya adalah Secure Shell (SSH). SSH merupakan protocol remote yang paling sering digunakan saat ini.

A. Topologi

Topologi yang digunakan pada percobaan kali ini seperti gambar diatas. Terdapat 2 host dimana satu akan dijadikan client dan satu menjadi server.

B. Konfigurasi Client

Disisi Client kita memerlukan openssh-client.

$ sudo apt update
$ sudo apt install openssh-client

Lakukan perintah diatas untuk melakukan instalasi openssh-client, namun biasanya openssh-client sudah ter-install secara default dan tidak perlu di install lagi.

C. Konfigurasi Server

Disisi server kita memerlukan openssh-server.

$ sudo apt update
$ sudo apt install openssh-server

Lakukan perintah diatas untuk melakukan instalasi openssh-server. Ketika sudah ter-install, file konfigurasi ssh server akan berada di /etc/ssh, namun pada pembahasan kali ini tidak perlu merubah apa apa cukup dengan konfigurasi default saja.

D. Remote

Remote dilakukan di sisi client dengan perintah.

$ ssh user@ip_tujuan
  1. Perintah untuk melakukan ssh dengan username “server” dan alamat tujuan 192.168.1.1
  2. Masukan password dari user “server”
  3. Ketika sudah muncul prompt dari user “server”, remote sudah berhasil dilakukan. Semua perintah yang dimasukan pada prompt ini akan dieksekusi di server.
Last modified: November 18, 2021

Author

Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.