Oke, disini saya Regin Georgius Sembiring akan menjelaskan bagaimana cara mendapatkan invite code ketika ingin melakukan registrasi di Hack Box.

APA SIH ITU HACK THE BOX

Pertama , kita kenalan dulu nih sama hack the box.

Oke ,jadi hack the box itu merupakan platform online untuk menguji dan memajukan keterampilan seseorang dalam pengujian penetrasi dan cyber security. Platform online ini sudah banyak digunakan oleh banyak orang dari berbagai negara dan juga universitas yang ada untuk meningkatkan skill sumber daya manusia mereka sendiri terutama dalam bidang cyber security.

Seperti yang mungkin sudah kita duga, ini adalah tempat untuk meretas. Jadi hack the box memberikan mesin dengan sebuah masalah bagi Anda untuk terus meretasnya. Bahkan untuk mendaftar hack the box ini saja perlu usaha dalam meretasnya sehingga untuk mendaftar Anda harus meretas situs web dengan cara mendaftar.

OKEE, Sampai sini sudah ngerti kan apa itu hack the box apa ? Puji Tuhan kalau sudah ngerti. Kalau masih belum, silahkan googling lagi yaackk.

KENAPA SIH HARUS HACK THE BOX ?

WOWW.. yang ini sudah harus sih soalnya hack the box itu menyenangkan ketika kita sudah masuk kedalamnya.. Bakalan ketagihan deh.. Dan juga bisa nambah skill kita loo karena di dalamnya banyak masalah-masalah yang dibuat oleh hack the box dan kita disuruh untuk menyelesaikannya. Selain itu, hack the box akan menghilangkan kebutuhan kita untuk membeli atau membangun komputer lain yang bermasalah untuk diretas.

OKEEE.. KARENA KALIAN PASTI SUDAH BOSEN DENGAN TEORI, PASTI PADA NANYA ” BACOT MULU WOI , KAPAN NIH MULAI CARANYA AGAR DAPAT INVITE CODE NYA !!”. Ya maap. okok sekarang kita masuk ke point penting nya yaitu cara mendapatkan invite code dari HACK THE BOX.

CARA MENDAPATKAN INVITE CODE HACK THE BOX

Yang pertama, sudah pasti kita harus menuju ke web hack the box nya di https://www.hackthebox.eu/. Kali ini saya menggunakan browser Chrome. Berikut tampilan awalnya. Nah kalian cari tuh yang tulisan nya join now(pojok kanan atas) lalu pencet.

ps: pasti banyak yang koment “loh masih pakek windows ah.” . WKWKWKW sorry boss, orang kaya mah bebas akwakawoka. Canda ya kak/bang jangan baper. MAAP

Okeoke, lanjut ya, yang kedua itu kalian pasti akan diarahkan ke halaman dibawah ini

Nah, ini nih baru aja mau daftar udah ngajak challenge. Ibaratkan kalau di real life, baru aja kenalan udah ngajak berantam. Aku awalnya mikir wah invite code atau dengan kata lain kode undangan gitu. Otomatis kan pasti minta nya dari orang dalam gitu yekan. Eh kubaca atas nya rupanya ada invite challenge. Bukan pake jalur orang dalam rupanya cara masuknya. Tapi kita harus memecahkan masalahnya. Yaudah muncul masalah baru.

Oke lanjut yang ketiga itu tekan Ctrl+Shift+I untuk browser Chrome atau dengan cara klik kanan pada halaman nya, terus pilih Inspect Element. Lalu otomatis akan terbuka Developer Tool.

Lanjut yang keempat, pada tab element tersebut cari “<script defer src=”/js/inviteapi.min.js”></script> == $0 “. Nah yang kita ambil itu hanya /js/inviteapi.min.js nya saja. Karena didalam nya terdapat sesuatu yang penting. Jangan lupa di copas yaa…

Oke lanjut yang kelima, kita ke tab baru google chrome lalu ketik hackthebox.eu/js/inviteapi.min.js (yang dicopy dan didapat dari inspect element pada web hack the box). Setelah itu akan muncul halaman seperti dibawah ini.

Oke lanjut yang keenam, dari halaman yang ditampilkan tersebut ada clue function yang kita dapat dari halaman tersebut yaitu makeInviteCode(). Nah clue nya tersebut akan terpakai di Chrome Developer Tools nanti.

Lanjut yang ketujuh kita akan memanfaatkan clue functionnya tersebut pada Developer Tools yang sudah kebuka tadi. Lalu pada tab console lalu jalankan function makeInvitecode() dibawah. Sehingga muncul hasilnya seperti dibawah.

Lanjut yang kedelapan, kita perlebar lagi dari output yang diberikan dengan klik tombol tanda panah yang ada di sebelah kiri. Nah disitu terdapat data yang diberikan dan encode type nya yaitu menggunakan encode BASE64. Biasanya ada juga orang yang dapat encode type nya itu ROT13. Tapi itu tidak masalah karena kita akan mengdecode nya secara online. Kalau untuk decode BASE64 itu bisa di https://www.base64decode.org/ dan untuk ROT13 bisa di https://rot13.com/. Oke langsung di copy aja itu isi dari datanya.

Oke, lanjut yang kesembilan berikut tampilan dari decode base64 secara online. Lalu, tinggal paste aja isi data tersebut, lalu pilih decode. Sehingga akan muncul kata-kata atau clue baru. Clue nya adalah “In order to generate the invite code, make a POST request to /api/invite/generate”. Jadi ,kita itu disuruh untuk melakukan genrate invite code nya dengan cara membuat sebuah permintaan method POST ke /api/invite/generate.

OKEE, LANJOOT YANG KESEPULUH. kita akan membuat sebuah permintaan method POST ke /api/invite/generate. Nah untuk windows kita bisa buka command prompt dan menjalankan perintah

curl  -XPOST https://www.hackthebox.eu/api/invite/generate

Perintah tersebut bertujuan untuk mendapatkan generate code yang baru.

Dari gambar tersebut, kita dapat melihat code yang masih di encode. Nah dari code tersebut dapat kita lihat karena stringnya tersebut merupakan konversi dari karakter non ASCII menjadi ASCII atau dengan kata lain menggunakan BASE64. Karena pada BASE64 itu merupakan variasi dari karakter A-Z, a-z, symbol =,+,/,- dan _. Jangan lupa di copy code yang keluar ya.

Lanjut, langkah yang kesebelas, maka kita akan melakukan decode BASE64 lagi di https://www.base64decode.org/. Sekarang tinggal paste hasil encode nya lalu pilih decode untuk mengetahui hasil akhir dari invite code yang ada. Jangan lupa di copy ya invite code nya

OKEE, langkah yang keduabelas, tinggal paste saja invite code yang didapat tadi ke hack the box. Setelah itu pilih sign up

Maka, setelah itu kita akan dibawa ke halaman untuk registrasi nya. Lalu dilanjutkan dengan mengisi data-data yang diminta oleh hack the box.

Lalu nanti akan dikirim email verifikasi dari hack the box ke email yang sudah didaftarkan. Lalu, tekan verify pada email yang sudah dikirim oleh hack the box.

OKEEEE, LAST BUT NOT LEAST. Sapaan dari hack the box akan muncul lalu pilih continue to hack the box . Setelah itu pasti akan dibawa ke halaman utama hack the box.

SEKIIANNN DAN TERIMA KASIHHH…

TUNGGU TUTORIAL SELANJUTNYA TENTANG HACK BOX DARI SAYA YAAA !!!

REFERENSI :

*. https://dev.to/pypdeveloper/what-is-hack-the-box-23me

*. https://www.base64decode.org/

*. hackthebox.eu

Last modified: September 30, 2020

Author

Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.