Yuhuu, seperti yang kita ketahui gaes, ternyata kesadaran diri dari seseorang untuk menjaga suatu informasi yang mereka miliki itu masih sangat minim lhooo. Padahal di zaman yang semakin canggih ini, informasi orang lain bisa saja digunakan untuk hal-hal yang negatif, seperti sebagai data palsu untuk melakukan peminjaman online, dll.

Oleh karena itu, disini saya akan memberikan sedikit edukasi kepada teman-teman yang membaca artikel ini tentang bagaimana mengamankan data kita yang baik dan benar.

A. Lindungi Perangkat Anda

Dimulai dari perangkat anda, seperti Laptop/PC ataupun Handphone kita. Kita bisa melindungi data atau informasi yang ada di Laptop/PC kita dengan berbagai hal, diantaranya adalah :

  • Tetap Menyalakan Firewall

Dengan tetap menyalakan firewall pada Laptop/PC kita, maka kita dapat mencegah akses yang tidak diinginkan masuk ke perangkat kita untuk mencuri data kita. Lalu, dengan adanya firewall begitu saja, kita tidak mengurus firewall tersebut lagi. Melainkan kita harus tetap mengupgrade firewall yang kita gunakan agar tetap up to date dengan kejahatan-kejahatan dunia maya yang baru juga.

  • Memiliki Antivirus pada perangkat

Dengan adanya antivirus, maka kita juga dapat mencegah akses yang tidak diinginkan atau akses asing masuk ke perangkat kita untuk mencuri data kita. Lalu, apabila kita menggunakan antivirus, usahakan kita juga apabila ingin mendowload sesuatu seperti aplikasi atau apapun itu dari website yang terpercaya. Jangan yang bajakan, karena kemungkinan besar, virus paling banyak berada dari website yang kurang terpercaya.

  • Mengelola Sistem Operasi dan Browser

Dengan mengelola sistem operasi dan browser, maka kita dapat mengatur pengaturan keamanan di tingkat medium ataupun yang advanced. Dan juga, jangan lupa untuk selalu melakukan update pada sistem operasi yang anda gunakan. Karena semakin update suatu sistem operasi, maka semakin baik pula fitur-fiturnya.

B. Pakai Jaringan Nirkabel yang Aman

Seperti yang kita ketahui, jaringan nirkabel sangatlah sering digunakan dimana saja. Oleh karena itu, kita juga harus hati-hati dalam memilih jaringan nirkabel umum. Nah, untuk jaringan nirkabel sendiri, ada beberapa tips nya nih :

  • Mengamankan Jaringan Nirkabel Rumah.

Untuk jaringan Nirkabel Rumah atau kerap dipanggil dengan WiFi, biasanya sering dipakai untuk memenuhi internet keluarga. Tetapi, tahukah kalian, ternyata WiFi rumahan sering menjadi target para pencuri data untuk melakukan aksinya, apalagi mereka memiliki alat khusus untuk memasuki WiFi target. Oleh sebab itu, maka kita perlu melakukan perubahan settingan pada WiFi kita yang tadinya default dari pabrik menjadi settingan kita sendiri. Seperti mengubah SSID dan password dari WiFi yang kita miliki. Lalu, jangan lupa untuk mendisable SSID broadcast, dan pastinya menggunakan fitur enkripsi dari WPA2.

  • Waspada saat menggunakan WiFi umum.

Ini nih, bagi pencari WiFi gratis, hati-hati yee. Kalau memakai WiFi umum hati-hati. Jangan karena gratis lalu tergiur, malah jadi malapetaka bagi temen-temen semua. Karena dari WiFi umum inilah sebenarnya paling rawan terjadi pencurian data ataupun kejahatan-kejahatan dunia maya lainnya. Saran dari mimin, pastikan ketika teman-teman memakai WiFi umum, teman-teman menggunakan VPN juga yang berbayar agar lebih aman. Karena VPN yang gratisan belum tentu aman juga. Kenapa pakai VPN min? Kan kita bukan mau buka “yang lain-lain min”. Pasti itu pertanyaan yang bakalan muncul di benak teman-teman semua. Karena dengan kita memakai VPN maka kita dapat mencegah si penjahat dunia maya “menguping” semua jejak digital kita selama kita memakai perangkat kita. Lalu, jangan lupa juga untuk menghindari yang namanya melakukan proses transaksi atau mengirim informasi yang sangat sensitive, seperti username dan password akun , dll.

  • Matikan Bluetooth ketika tidak digunakan lagi.

Karena, dengan teman-teman mematikan Bluetooth, maka teman-teman juga menutup kesempatan bagi para penjahat dunia maya untuk melakukan kejahatannya.

C. Menggunakan Password yang Unik Untuk Setiap Akun Online.

Semakin maju zaman maka semakin canggih pula teknologi yang digunakan. Seperti yang kita ketahui, ternyata kita pun harus menggunakan password yang unik untuk setiap akun online kita. Kenapa? Supaya mencegah si penjahat dunia maya melakukan Brute Force terhadap password yang tidak asing, seperti nama pacar, nama kita sendiri,dll. Karena password yang gampang ditebak tersebut lah, maka penjahat dunia maya dengan mudahnya mengetahui password kita. Oleh sebab itu, maka dari saya akan memberi tips untuk teman-teman membuat password yang baik

  1. 1. Jangan menggunakan password dengan nama pada umumnya.

Seperti yang sudah saya katakan di sebelumnya, nama merupakan password yang sangat sering digunakan oleh orang pada umumnya atau seperti nama orang, nama hewan, nama mobil,dll. Sehingga, mudah bagi “penjahat dunia maya” untuk melakukan pembobolan dengan password tersebut.

2. Jangan menggunakan nama komputer atau nama akun.

Karena nama akun atau nama komputer juga merupakan nama yang tidak asing bagi “penjahat dunia maya”, karena hal yang mereka perhatikan pasti nama yang paling dekat dengan kita, baik itu orang ataupun benda.

3. Gunakan karakter-karakter spesial dalam password.

Dengan menggunakan karakter-karakter spesial membuat password kita lebih aman, dibandingkan semuanya menggunakan huruf abjad. Contoh karakter spesial itu seperti tanda <, >, /, !, @, #, $, %, ^,&,*,( dan ). Menggabungkan karakter spesial dengan huruf abjad merupakan password yang aman. Anda juga bisa menambahkan emote-emote dengan melakukan kolaborasi antara karakter spesial dan huruf

4. Buat Password yang Panjang.

Password yang pendek ukurannya, misalnya seperti hanya 1-8 kata, masih bisa dikatakan password yang pendek dan rentan dibobol. Maka, usahakan password yang teman-teman range nya dari diatas, misalnya 15 kata, dll.

Oke, disini saya akan membuat contoh-contoh password yang biasa saja, baik dan lebih baik.

Penutup

Oke, mungkin itu saja untuk artikel kali ini, mungkin bisa berguna bagi teman-teman semua dan teman-teman dapat dihindarkan dari “penjahat dunia maya”. TERIMAKASII, SEE YOU NEXT TIME !!

Referensi

https://www.kaspersky.com/resource-center/preemptive-safety/public-wifi

blog.google/technology/safety-security/data-privacy-day-seven-ways-we-protect-your-privacy

www.kaspersky.com/blog/remember-strong-passwords/6386

cmitsolutions.com/blog/6-ways-protect-data-devices-digital-identity

Cisco Course Introduction to Cybersecurity

Last modified: November 18, 2021

Author

Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.